KAYFIAT BERDZIKIR LAFZHUL JALALAH
ISMU DZAT (
ALLAH-ALLAH)
Bilamana
seorang murid hendak mengamalkan dzikir Ismu Dzat (Allah - Allah), maka dia
harus mempunyai wudhu dan duduk menghadap kiblat seperti duduknya orang bertahiyat
akhir di waktu sholat,dengan menyatukan pikiran kepada Allah SWT. Kemudian
mulai dengan membaca Istighfar, memohon ampun kepada Allah SWT dengan
hati yang hudlur, merasa malu dan hina diri atas segala dosa yang diperbuatnya
terhadap Allah dengan mengucapkan :
اَلْفَاتِحَةْ : بِالْقَبُوْلْ
وَتَمَامِ كُلِّ سُؤْلٍ وَمَأْمُوْل وَاِلَى
حَضْرَةِ الرَّسُوْل صَلَّى الله عَلَيْهِ
وَاِلِه وَسَلَّم
اَللّٰهُمَّ يَا مُفَتِحَ اْلَابْوَابْ وَيَا مُسَبِّبَ اْلاَسْبَابْ وَيَا مُقَلِّبَ
اْلقُلُوْبِ وَاْلاَ بْصَار وَيَادَلِيْلَ اْلمُتَخَيِّرِيْن وَيَاغِيَاثَ اْلمُسْتَغِيْثِيْنَ
اَغِثْنَا تَوَكّلْنَا عَلَيْكَ.
يَا رَبِّ وَفَوَّضْنَا اَمْرَاَنا إِلَيْكَ يَا فَتَّاحُ يَا وَهَّابُ يَا بَاسِطُ
وَصَلَّى اللهُ عَلَى خَيْرِ خَلْقِهِ سَيِّدِنَا مُحَمَّد وَعَلَى اِلِهِ وَصَحْبِهِ
اَجْمَعِيْنَ وَلْحَمْدُ لله الرَبِّ اْلعَالمِيْنَ.
اَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ الْذِ ي لَااِلَهَ إِلاْهُوَالْحَيُّ الْقَيُّوْمُ
وَ أَتُوْبُ اِلَيْهِ
Sebanyak
dua puluh lima kali (25X)
Disini murid akan mendapatkan
tanda apakah permohonan ampunannya diterima Allah atau tidak. Adapun tanda
bahwa petmohonannya diterima ialah hati merasa hina dan pecah, bahkan
kadang-kadang sampai menangis.
Setelah membaca istighfar dua puluh lima kali atau lebih,
maka kemudian menghadirkan Rasulullah SAW yang seakan-akan beliau duduk
dihadapannya. Menghadirkan Rasulullah dengan mohon pertolongan dan niat
menghadap nur yang telah dituangkan Allah ke Qalbi Rasulullah SAW. Setelah
Rasulullah terasa hadir maka murid langsung membaca :
( x) اَلسَّلَامُ عَلَيْكَ
أَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهْ
اللّٰهُمَّ صلِّ وَسَلِّمْ
عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ مِفْتَاحِ بَابِ رَحْمَةِ
اللهِ عَدَدَ مَا فِي عِلْمِ اللهِ صَلَاةً وَسَلَاماً دَاىِٔمَيْنِ بِدَوَامِ مُلْكِ
الله (١٠x)
الفاتحة . . . (١x)
قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدْ (٣x)
قلْ أَعُوْذُ بِرَبِّ
اْلفَلَقْ (١x)
قلْ أَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِ ( ١x)
ايُة اَلْكُرْسِى (١x)
Terus mengangkat tangan dan berdoa
seperti ini :
اَوْصِلِ اللّٰهُمَّ
ثَوَابَ مَا قَرَأْتُهُ إِلَى رُوْحِ سَيِّدِ اْلمُرْسَلِيْنَ وَشَفِيْعِ اْلمُذْنِبِيْنَ
سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمْ وَإِلَى اَرْوَاحِ اَلِهِ وَ اَصْحِابِهِ وِاَزْوَجِهِ وَذُرِّيَاتِهِ
وَأَهْلِ بَيْتِهِ الطَّاهِرِيْنَ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِ التّٰابِعِيْنَ لَهُمْ
بِإِحْسَانٍ اِلَى يَوْمِ الدِّيْن
ثُمَّ اِلَى اَرْوَاِح
اَبَاىِٔهِ وَإِخْوَانِهِ مِنَ اْلَا نْبِيَاءِ وَاْلمُرْسَلِيْنَ وَاْلمَلَا ىِٔكَةِ
اْلمُقَرَّبِيْنَ ثُمَّ اِلَى اَرْوَاحِ اَوْلِيَاءِ اللهِ الصَّالِحِيْنَ خُصُوْصاً
اِلَى سَادَاتِنَا اْلعَلَوِيِّيْنَ وَالنَّقْشَبَنْدِيِّيْنَ اَلْمُحْسِنِيِّيْنْ
رِضْوَانُ الله تعالى عَلَيْهِمْ اَجْمَعِيْنَ فَأَسْأَلُكَ اَللّٰهُمَّ اَتَوَّسَلُ
إِلَيْكَ بِأَسْرَارِكَ
اْلمَوْدُوْعَاتِ
فِى الطّرِيْقَتَيْنِ الشَّرِيْفَيْنَ وَبِجَاهِ السَّادَاتِ اْلعَلَوِيِّيْنَ النَّقْشَبَنْدِيِّيْنَ
اَلْمُسَلْسِلِيْنَ بِالسَّيِّدِ اْلفَقِيْرْ حَيْدَرَةْ بِنْ اَلسَّيِّدْ مُحْسِنْ
اَلْهِنْدُوَانْ عَفَى اللهُ عَنْهُمَا وَاُصُوْلِهُمُاَ
وَفُرُوْعِهُمَا وَاِحَّبَاىِٔهُمَا وَاْلمُسْلِمِيْنْ.
Seusai
di baca, maka kedua mata di pejamkan miring kesebelah kiri ,ujung hidung di
luruskan dengan kedua sisi, Bibir dan gigi di rapatkan, pikiran di tenangkan,
di satukan dihadapan ke Lathifah Al-Qalbi. Inilah yang di sebut Al Wukuf
Al-Qalbi
Setelah benar-benar tenang dan pikiran telah menyatu ke Latifhah
Al-Qalbi, maka murid lalu menghadirkan wajah Guru Mursyid yang memeberi bai’at
dan talqin dzikir tadi dengan niat
menadah nurul ma’rifah dari Qalbi
Rasulullah SAW yang mengalir melalui lathifah para Guru Mursyid sampai pada
lathifah si murid.
Menghadirkan wajah Guru ini disebut Rabithah, sedang menadah nur
disebut Istimdat. Setelah melakukan Rabithah dan Istimdat maka, murid
terus bermunajat mengadu kepada Allah di dalam hati seperti ini :
اِلٰهِي اَنْزِلِ
اْلفَيْضَ عَلَى لَطِيْفَةِ قَلْبِى كَمَا اَنْزَلْنَهُ عَلَى لَطِيْفَةِ قَلْبِ سَيِّدِنَا
اَدَمْ عَلَيْهِ السَّلَامْ مِنْ نُوْرِ لَطِيْفَةِ قَلْبِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدْ صَلّٰى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمْ بِوَاسِطَةِ سَادَاتِنَا اْلعِظَامْ وَمَشَاىِٔخِنَا اْلكِرَامْ
رِضْوَانُ اللهِ تَعَالَى عَلَيْهِمْ اَجْمَعِيْنَ
إِلَهِى اَنْتَ مَقْصُوْدِي وَرِضَاكَ مَطْلُوْبِي اَعْطِنِي مَحَبَّتَكَ وَمَعْرِفَتَكْ
Artinya : “Ya Tuhanku, Engkaulah yang aku maksud dan keridhoan-Mu yang aku
tuntut, berikanlah kepadaku kecintaan akan Engkau dan pengenalan akan Engkau.”
Selanjutnya mulai melakukan dzikir Allah Allah Allah
dengan lisan hati di sertai fikiran yang bersih, sengaja dan memukulkan dzikir
itu pada lathifah Al-Qalbi hingga terasa panasnya dzikir dalam lathifah
tersebut. Maka bila tidak ada rasa panas dalam lathifah adalah pertanda bahwa dzikir itu tidak masuk. Jadi
seharusnya murid menguatkan pukulan kedalam lathifah.
Setelah hitungan dzikir mencapai seratus atau dua
ratus, maka murid diharuskan membaca munajat seperti munajat tersebut diatas
satu kali, kemudian diteruskan dzikir sampai mencapai hitungan yang
dikehendaki. Dalam melakukan dzikir ini tetap diharuskan mencukupi
syarat-syarat yang delapan macam sebagaimana telah diterangkan di muka.
دُعَاء بَعْدَ
الذِّكْر
اَللّٰهُمَّ
ثَبِّتْ عِلْمَهَا فِى قَلْبِى وَاغْفِرْلِى ذَنْبِى وَاغْفِرْلِى
لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَقُلِ الْحَمْدُ لله وَسَلَامٌ عَلَى
عِبَادِهِ الًذِيْنَ اصْطَفَى اَللّٰهُمَّ حَقِّقْنِي بِحَقَاىِٔقِهَا
وَرَقَاىِٔقِهَا وَدَقَاىِٔقِهَا وَاَحْيِنِي عَلَيْهَا يَا حَيُّ وَاَمِتْنِي عَلَيْهَا يَا مُمِيْتُ
وَابْعَثْنِي عَلَيْهَا يَا بَاعِثُ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْر
وَالْحَمْدُ لله الرَّبِّ الْعَالَمِيْن
di
ambil dari buku " harumnya jalan menuju Allah" karya Al-Habib Muhsin
Al-Hinduan. dan Khulasah "Mamadun Nabawy" karya Al-Habib Haidarah Muhsin
Al-Hinduan
Assalamu'alaikum, maaf saya mau tanya kalau tuk ba'iat thariqt di daerah bekasi, ada tidak. Klo ada dmn ?
BalasHapusAda di sukabumi
BalasHapus