Sabtu, 09 Oktober 2010

kata sambutan Sy.Haidarah muhsin al hinduan pembina thariqat alawiyah.

Kata sambutan 
Sy.Haidarah bin muhsin al hinduan
(pembina thariqat alawiyah naqsyabandiyah muhsiniyah,Situbondo,Jawa Timur)
              segala puji bagi allah swt yg telah menciptakan kadar segala sesuatu&memberi hidayah.shalawat & salam atas nabi muhammad saw sang pembawa petunjuk kebenaran ,beserta keluarga nya,para sahabat & siapa saja yg mengikuti sunah nya.
              salah satu pemakna'an yg penting dlm hidup ini adalah memahami tujuan hidup kita ini sebagai manusia,ajaran-ajaran kearifan yg bersumber dalam sinaran islam,banyak mengajarkan bahwa tujuan hidup manusia adalah menyucikan jiwadan membiarkan nya bergabung lagi dengan'DUNIA CAHAYA'dari mana dia berasal.tema ini meresap ke dalam tradisi inteliktual.misal nya dapat kita lihat dalam pandangan filosof islam terkemuka,di antara nya Ibnu sina yang mengatakan:"kita telah menetapkan situasi kembali yang sejati.kita telah membuktikan bahwa kebahagian di akhirat dapat di peroleh dengan membuat jiwa tak tertandingi."
              maksud dari perkata'an ibnu sina tentang'membuat jiwa tak tertandingi' adalah kita harus menjauhkan diri dari kondisi-kondisi badaniyah yang bertentangan dengan penyebab-penyebab kebahagia'an.usaha membuat jiwa tak tertandingi ini di capai melelui ciri-ciri watak dan perangai tertentu.ciri itu adalah bahwa jiwa  berpaaling dari badan dan persepsi rasa terus menerus mengigat sumber nya sendiri.jika iya kembali pada esensi nya sendiri,ia tidak dapat lagi menerima aktivitas dari ka ada'an-ke ada'an badaniyah itu sendiri.
firman allah swt:''Demi jiwa dan dia yang menyempurnakan nya dan memperkenalkan keburukan dan kebaikan.sungguh beruntung orang yang dapat menyucikan jiwa,dan merugilah orang yang mengotori nya"(QS.asy-syam ayat 7-10)
                Dalam sebuah hadits nabi muhammad saw bersabda yang artinya:"musuh mu yang paling buruk adalah jiwa mu yang berada di antra ke dua sisi mu" 
                Manusia mempunya kelebiha diantara semua makhluk ,kelebiha itu adalah bahwa manusia mempuyai 2 deminsi,Pertama,dimensi materi,yang di dalam filsafat di namakan juga dimensi hewani,Di dalam filsafat jasad manusia dinamakan dengan gharizah(insting)atau raghbah(kecendrungan).sementara di dalam ilmu akhlaq dan irfan islam di nama kan dengan orientasi hewan atau dimensi hewani manusia.oleh karena itu dari deminsi ini manusia adalah hewan dlam arti yang sesungguh nya,dan tdk berbeda sama sekali dengan hewan-hewan yang lain.
                Manusia juga memiliki dimensi spiritual,dimensi ini meliputi yang di dalam filsafat di namakan dng roh.oleh karena itu para ulama mengatakan manusia itu terdiri dari roh dan jism,akal,nurani,hati,nafs semua nya mempunyai arti yang sama,yaitu semua tertuju kepada sisi spiritual manusia,.kesempurna'an manusia terjadi,melalui komposisi ini.oleh karena malikat hanya memiliki dimensi spiritual saja,maka dia tidak bisa di lihat,dan tidak akan bisa mencapai sisi kesempurna'an.
                  Meskipun jibril adalh malikat yg sangat dekat dengan allah swtdan memiliki keluasan wujudi atas alam ini,dan sebagaimana rasulullah saw bersabda:''jika seorang mampu mencakup haqiqat malikat jibril maka ia juga memiliki penguasa'an atas alam semesta ini"namun malikat jibril tidak mempunyai kesempurna'an.benar keluasan wujud malikat jibri sangat besar,karna dia malaikat yg sangat dekat dengan allah swt,demikian juga hal nya dengan malaikat izrail.akan tetapi tidak ada perbeda'an sedikitpun malaikat jibril yang sekarang dengan malaikat jibril semiliyar tahun yg lalu,padahal dia senantiasa bersungguh-bersungguh beribadah kpd allah swt.
                  Al-Qur'an menegaskan bahwa malaikat jibril sama sekali tidak menentang dan bermaksiat kpd allah dan ke ada'an nya seperti keada'an malaikat yg lain,yaitu tidak berjalan menuju kepada kesempurna'an.hewan juga tidak memiliki kesempurna'an.sebagai contoh,semut dan lebah hidup secara berkelompok dan mempunyai peradaban dan pola hidup yg khas.para ulama islam telah menulis kitab mengenai hewan-hewan ini,salah satu nya adalah Ad-Darimi.
                  sistem peradaban yang di ikuti di dalam kehidupan serangga ini mengungguli sistem peradaban yang di ikuti oleh sebagian manusia.namun,meskipun memiliki peradaban yang demikian ini ,lebah misal nya,tidak berjalan menuju kesempurna'an.semiliyar tahun yang lalu lebah telah mampu membangun rumah yang sangat maju sekali,yang membuat insyinyur terkagum kagum akan ketelitian nya,akan tetapi,sekarang lebah masih tetap membangun rumah yang sama,tidak terdapat kemajuan apapun dalam cara membangun rumah atau dalam sistem kehiduapn yang berlaku pada semut,untuk sampai pada peradaban yg lebih maju,kemajuan dan kesempurna'an hanya ada pada alam cipta'an yang bernama manusia.karena manusia memiliki 2 dimensi:dimensi malakut dan di namakan dengan ROH
                  Yang kedua,adalah dimensi kemalaikatan/roh,komposisi yang sangat mengagumkan.dalam arti cara susunan ini tidak di ketahui hingga skrng,dan tentunya kita tidak bisa mengetahui hakikat susnan ini,tidak ada filosof yg dapat menjelaskan susunan roh dan jasad.mereka hanya cukup mengatakan"sesungguhnya cara susunan ini adalah cara tallauqiyyah".Namun apa itu cara susunan talluqiyah???yang jelas,ini merupakan susunan yang berlawanan.
                  Terdapat riwayat yang datang dari rasulullah saw ber kena'an dengan perjalanan mi'raj nya,di dalam riwayat itu rasulullah saw bersabda,yang artinya:''Pada malam mi'raj aku melihat seorang malaikat yang sebagian tubuh nya terbuat dari api dan sebagian yang lain terbuat dari salju'' .salju tidak dapat merembes ke api,begitu juga api tidak dapat menjalar ke salju.jika kita ingin memahami riwayat ini,maka ketahuilah diri kita adalah sebaik baik contoh dalam hal ini,
                   Semua kecendrongan roh kita tidak sejalan dengan jasad kita,sebalik nya,kecendrongan-kecendrongan jasad kita juga menyusahkan dan melukai roh kita,anda tidak akan bisa menemukan kelezatan roh yang dapat menyenangkan jasad.sebagai contoh,sifat mangkaji ilmu,sifat mencari kebenaran,sifat toleransi,sifat berkorban,dan semua sifat yang terkait dengan deminsi roh manusia.ketika masalah dapat di pecahkan,maka roh akan merasakan kelezatan yang sangat,akan tetapi kelezatan roh itu akan di ikutui oleh rasa sakit pada jasad,artinya,pencarian kebenaran manyebabkan kelelahan pada jasad,begitu juga pencarian ilmu.
                   Semua urusan itu menyebabkan rasa sakit dan kelelahan bagi jasad anda,adapun makan,minum,memenuhi tuntutan syahwat dan istirahat adalah kebutuhan-kebutuhan yang bermnfaat bagi jasad.namun,sebagai mana yang di kata kan matsnawi,setiap kali anda memberikan perhatian pada jasad ini maka pada sa'at yang sama anda membunuh roh dan mendatangkan kemalasan,kepaatan bagi roh.susunan apakah di antar dua hal yang berlawanan ini???ini adalah susunan yang manusia dapat mencapai kesempurna'an dengan nya.
                  Terkadang dimensi malakut,yang kita nama kan denga roh,menunggangi dimensi materi yang di namakan dimensi hewani dan bergerak kedepan dengan gerak kesempurna'an.dalam arti jasad ini tidak ubah nya menjadi kuda tunggangan bagi roh,sedangkan roh mendidik jasad dan mengendalikan nya ke mana iya pergi,sehingga bisa sampai kesuatu tempat yang tidak seorang pun tahu kecuali allah swt.dia tidak ubah nya sepertti buraq yang di tunggangi rasulullah hingga beliau kemudian naik ketampat yang lebih tinggi.namun bagai mana buraq itu bisa naik ketempat yang lebih tinggi kita tidak bisa mengetahui nya.sesungguh nya yang kita ketahui ialah bahwa rasulullah saw pergi beserta dengan jasad nya kepada suatu tempat yang mana dia sangat dekat dengan allah swt.

 wassalam
                                                             situbondo,senin 01 Des,2009 M

                                                         Sy.Haidarah bin muhsin al hinduan 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar